Sabtu, 22 Oktober 2011

Akuntansi UII Selenggarakan Workshop Audit Forensik


ImageAkuntansi Forensik adalah cabang baru ilmu akuntansi. Namun demikian, animo masyarakat di Indonesia maupun di dunia untuk mengetahui dan mempelajari bidang ilmu ini sangatlah tinggi. Berkembangnya ilmu ini diharapkan akan mampu mengatasi berbagai masalah di Indonesia terutama yang terkait dengan kurangnya transparansi dan akuntabilitas yang menyebabkan munculnya tindak – tindak kecurangan. Oleh karena itu, Pusat Studi Akuntansi Forensik Prodi Akuntansi UII pada tanggal 14, 15 dan 16 Oktober 2011  melaksanakan kegiatan Workshop Audit Forensik dengan tema ‘TeknikDocument Analysis dalam Fraud Examination’ Angkatan 1 yang bertempat di kampus Fakultas Ekonomi UII Condong Catur. 
Acara workshop diawali dengan kuliah pembuka oleh Pimpinan KPK Dr. Mochamad Jasin tentang pembuktian dalam audit korupsi. Selain itu, workshop ini juga menghadirkan narasumber asing dari Manager Divisi Fraud and Dispute Resolution KAP Ernst & Young, yakni Alexander Sianturi (Senior), Yohanes Andrianto (Manager) dan Donna Salaki (Manager). Sementara dosen Akuntansi yang turut menjadi narasumber, Dr. Kumalahadi, MS, CPA (Praktisi KAP Kumalahadi), Hendi Yogi Prabowo, MForAcc, PhD (Direktur Pusat Studi Akuntansi Forensik), Sigit Handoyo, SE, M.Bus.
Teknik Document Analysis Dalam Fraud Examination
Fraud examination merupakan bagian dari  ilmu akuntansi forensik yang menitikberatkan pada deteksi dan investigasi kecurangan di suatu organisasi. Terkait dengan beragamnya masalah fraud yang dihadapi oleh seorang fraud examiner,  dalam prakteknya ada beragam metode yang dipakai dalam fraud examination untuk mengungkap ’cerita di balik angka’ salah satunya adalah documentanalysis yang digunakan untuk menggali berbagai informasi penting dari dokumen keuangan maupun non-keuangan. Penguasaaan atas meto-dedocument analysis menjadi sebuah skill yang esensial bagi seorang fraud examiner dalam melaksanakan tugasnya,
Peserta workshop angkatan pertama ini dibatasi 20  orang, berasal dari berbagai instansi seperti perguruan tinggi, bank, instansi pemerintahdan Kantor Akuntan Publikdari Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Purwokerto dan bahkan luar Jawa. Selanjutnya, akan segara diselenggarakan Workshop serupa Angkatan ke-2, yang rencananya akan dilaksanakan pada awal Desember 2011 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar